Pesugihan? Tumbal? Hiii …

dalam budaya jawa dikenal adanya ilmu pesugihan yaitu ilmu untuk mendapatkan harta kekayaan secara cepat tanpa perlu kerja keras. pesugihan banyak ragamnya, beberapa yang terkenal adalah memelihara tuyul, babi ngepet, nyi blorong, kandhang bubrah, butho ijo, … dan lain-lain.

percaya ga percaya … konon beberapa orang memiliki ilmu pesugihan ini.

saya tidak akan membahas tentang bagaimana cara memiliki ilmu pesugihan ini karena saya tidak memiliki kemampuan pengetahuan yang memadai soal ini. tetapi kalau anda berminat mencari kekayaan secara cepat dan tepat ya silahkan saja anda bertanya pada ahlinya.
mari kita serahkan pada ahlinya yang menguasai ilmu pesugihan.

saya hanya ingin sedikit berbagi soal kejadian unik, lucu dan aneh yang berkaitan dengan kepercayaan wong jowo ini.
monggo disimak …

saya punya langganan tempat nongkrong setiap pulang kampung. tempat itu adalah sebuah angkringan sego kucing yang dikelola oleh mas dar.
walaupun terbilang baru tetapi angkringan mas dar sudah mempunyai banyak fans tetap yang bersedia duduk berlama-lama sekedar buat menikmati hangatnya wedang kopi, wedang jahe atau yang lagi ngetrend adalah wedang uwuh.

sebetulnya aku dan fans yang lain tidak hanya sekedar nongkrong tanpa arti karena harus diakui bahwa angkringan mas dar adalah tempat mencari sumber informasi terbaru tentang kota asalku.
mas dar yang seorang pns dengan segala kemampuan komunikasinya mampu ngemong semua lapisan masyarakat yang ngefans pada angkringannya. disini para tamu bisa berbaur ngobrol bareng dan kadang ngegosip bareng. hehehe

pada suatu saat, mas dar curhat begini:

‘om, aku mau denger cerita lucu nggak?’

sontak saya tertarik, ‘apa, mas?’

‘aku heran, apa yang ada di pikiran orang-orang itu ya … kemarin ada tamu kesini, biasalah kita ngobrol ngalor ngidul. eh, pas tamu-tamu lain dah pada pulang, dia nanya – mas, sampeyan punya ilmu pesugihan ya?’

‘lalu? mas dar jawab piye?’

‘aku ya cuma ketawa. tanyaku – pesugihan piye tho? … si tamu ngomong – pasti sampeyan pake ilmu pesugihan! warung angkringan sampeyan ini kan baru beberapa bulan, kok bisa ramai gini? angkringan ini sudah mengalahkan angkringan yang lain.’

‘laahhh … mas dar punya ilmu pesugihan ga? hahaha.’

‘oalaaahhhh, om … dalam agama, dosa kalau kita pake yang gitu-gituan. aku sih cukup berdoa minta rejeki aja ama Allah SWT. jodoh, takdir dan rejeki adalah kekuasaan-nya. ga usah macem-macem gitu … aku takut kalau nanti uangnya ga berkah buat keluarga.’

‘lalu, orang itu gimana?’

‘ya dia tetap ngeyel … dan yang lucu, selama kira-kira seminggu full dia datang kesini untuk memantau angkringanku. aku sih ok-ok aja karena bagaimanapun dia adalah tamu yang wajib dilayani dengan baik dan benar. apalagi dia datang bawa rejeki, dia kan mbayar setiap jajan disini. hehehe.’

‘hahaha …’

…..

itulah potret sebagian oknum wong jowo yang picik, ndeso dan ga gaul … yang selalu kaget saat teman atau tetangganya mendapat rejeki. oknum itu selalu menilai orang lain lewat kacamata nya sendiri dan menganggap bahwa orang lain tidak boleh sukses kalau dirinya belum sukses.

kalau ada warung yang ramai maka segera akan tersebar gosip kalau warung itu memakai jampi-jampi pesugihan. mereka tidak mau menganalisa sebab kenapa warung tersebut bisa ramai pengunjung.

menilik dari cerita mas dar sebetulnya mudah dimengerti kenapa angkringannya bisa ramai, antara lain yaitu:

1.  mas dar bersikap ramah dan selalu meluangkan waktu untuk menyapa dan ngobrol (walaupun kadang sekedar basa-basi) dengan tamunya sehingga tamu yang datang akan merasa di-uwongke dan dihargai. coba bayangkan kalau kita jajan di warung yang penjualnya bermuka asam, judes dan cemberut padahal kita datang untuk ngasih duit? … tentu ga enak rasanya.

2.  sebelum memutuskan buka angkringan, mas dar cukup gaul sehingga memiliki banyak teman dari berbagai macam golongan komunitas. alhamdulillah mas dar mempunyai nama baik diantara teman-teman dan ga pernah neko-neko. setelah buka lapak angkringan, akhirnya komunitas ini yang dibawa untuk meramaikan warungnya sehingga komunitas ini punya alternatif tempat nongkrong yang enak sambil itung-itung berbagi rejeki dengan teman sendiri.

3.  latar belakang mas dar yang seorang pns memberikan cukup modal berkomunikasi dan pengetahuan. mas dar siap diajak diskusi soal apa saja … mulai agama, politik, ekonomi, hukum dll bahkan sampai ke gosip artis terbaru seperti kasus video porno ariel dan tentu saja dengan ulasan ala mas dar sendiri yang khas.

4.  mas dar cukup kreatif karena menyadari bahwa lokasi angkringannya bukan di jalur utama, istilahnya orang yang datang adalah orang yang memang berniat 1.000% ke angkringan itu. mas dar berinovasi dengan membuka account di facebook untuk mempromosikan usahanya dan memberikan fasilitas free hotspot untuk menarik konsumen.

saya berpikir mungkin ini adalah ilmu pesugihan yang dipakai oleh mas dar disamping tentu saja berdoa pada sing nggawe urip.

lalu, apa tumbalnya?
tumbal dalam arti kata boso jowo adalah sesuatu yang akan dikorbankan.
lalu, apa yang telah dikorbankan oleh mas dar?

saya rasa jawabannya mudah banget. mas dar telah mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memajukan usahanya dan membuat pelanggan puas sehingga diharapkan sering datang ke lapaknya buat jajan. mas dar telah berkorban bercapek ria buat menemani dan ngobrol asyik dengan konsumen. mas dar berkorban ga terlalu ngejar duit, tamu yang datang bisa nambah gula kalau minuman yang dihidangkan kurang manis.

bahkan (mungkin) kalau tulisan ini dibacanya, mas dar akan berkorban memberikan fasilitas gratisan buat saya karena telah membantu promosi angkringannya … hehehe

jadi itulah arti ilmu pesugihan dan tumbal buat angkringan mas dar.

apakah anda juga mau belajar ilmu pesugihan model ini?
mari kita serahkan pada ahlinya yang menguasai ilmu pesugihan.

salam sugih,

tangerang, 26 juni 2010

RHRM
si pencari damai

Pos ini dipublikasikan di Aku dan Lingkungan, GADO-GADO dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s