Budidaya Jamur Tiram Menjanjikan

Palembang (ANTARA News) – Menekuni usaha budidaya jamur tiram di Palembang cukup menjanjikan keuntungan karena peminatnya tergolong banyak.

“Hasil budidaya jamur tiram pemasarannya tidak sulit karena peminatnya cukup banyak, tidak hanya kalangan masyarakat umum tetapi juga pengusaha rumah makan,” kata Enny, pengusaha budidaya jamur tiram ketika ditemui di Pasar Tani Simpang Kenten Luat, Palembang, Minggu.

Menurut dia, pemasaran jamur tiram sebagai bahan sayuran itu selain dengan mengantarkan langsung ke pelanggan yang adalah pemilik rumah makan, juga menjual secara eceran di pasar tani tersebut.

“Sekarang ini omzet penjualan jamur tiram masih pada kisaran 25 hingga 30 kilogram per hari, karena budidayanya belum dikelola secara besar-besaran,” katanya.

Budidaya jamur tiram ini masih dikelola sebagai usaha keluarga, belum mempekerjakan pihak lain, sehingga hasilnya masih terbatas, katanya.

Ia mengaku ada keinginan melakukan budidaya secara besar-besaran, tetapi masih terbentur masalah keterbatasan modal usaha.

Menurut dia, kalau ada pihak yang membantu modal usaha (bapak angkat-red), diyakini budidaya jamur tiram ini akan berkembang pesat, karena peminatnya cukup banyak dan sudah dikenal di kalangan masyarakat luas.

Di samping itu, kata dia, harga jual jamur tiram terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah, yakni pada kisaran Rp30 ribu per kilogram.

Ia menambahkan, selain khusus melakukan usaha budidaya jamur tiram yang telah ditekuni sejak beberapa tahun lalu, pihaknya juga menyediakan bibit jamur serta membuka pelatihan bagi warga yang tertarik membudidayakan jenis jamur tersebut. (M033/A024)

http://antaranews.com/berita/1277612825/budidaya-jamur-tiram-menjanjikan

Pos ini dipublikasikan di WIRAUSAHA dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Budidaya Jamur Tiram Menjanjikan

  1. yose berkata:

    saya ingin coba tuk menbudidayakan jamur tiram ini maka saya ingin tahu cara membudidaya kannya saya mohon bantuan nya caranya dari mendapatkan bibit,cara membuat media tanam & budidaya nya trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s