BIAR JELEK MILIK SENDIRI

Ngeblog adalah menulis apa saja dan dimana saja. Ngeblog adalah ekspresi kebebasan berpendapat yang bebas tapi sopan. Kita tidak perlu menunggu persetujuan dewan redaksi seperti kalau kita mengirimkan artikel ke media massa.
Anda cukup register alamat blog baik yang gratisan maupun berbayar, nulis artikel dan wuuusssss … posting di blog anda. Mudah dan cepat.

Waduh, aku tidak bisa menulis nih? Aku ga punya ide!

Tidak bisa? Ya anda harus belajar, belajar dan belajar untuk menulis. Anda punya pengalaman hidup dari kecil sampai hari ini dan detik ini. Cobalah tuliskan apa yang pernah anda rasakan, apa ingin anda rasakan dan apa yang tidak mungkin anda rasakan seperti cerita dongeng 1001 malam (fiksi, dongeng, hikayat dll).

Ide ada dimana-mana. Kita tinggal memungut, mengapresiasi, memodifikasi dan mengolah dalam ruang pemikiran sesuai dengan selera kita. Kata seorang blogger, dalam ngeblog pakailah jurus 3N yaitu niteni, nirokke, nambahi maka anda sudah menulis artikel untuk blog anda.

Menulis apa saja!

Rasanya, saat ini tidak ada ide artikel yang benar-benar fresh from oven. Semua jenis tema sudah ada yang pernah menuliskannya dalam berbagai gaya bahasa. Anda silahkan memilih tema yang anda kuasai dan menarik minat anda, cari jenis artikel tersebut di koleksi Google dengan bantuan kata kunci sesuai isi artikel tersebut.

Baca semua atau sebagian artikel yang ada maka Insya Allah anda akan menemukan sesuatu yang bergejolak dalam pikiran anda. Langkah selanjutnya, coba tuangkan semua perasaan itu dengan bahasa anda sendiri sesuai jurus niteni, nirokke, nambahi.

Jelek?
Tidak ada larangan menulis jelek dalam dunia blogger. Anda bisa memperbaiki dan mengasah terus kemampuan menulis anda. Cobalah untuk menuliskan minimal 1 buah artikel setiap hari. Lambat laun tanpa disadari anda sudah bisa menulis dengan lancar, baik dan benar.

Susah?
Iya saat pertama kali karena kita belum terbiasa. Nanti anda akan menemukan keasyikan tersendiri ketika tulisan anda mulai bisa mengalir lancar dan dibaca oleh orang lain.

Ingat, selalu usahakan menulis artikel sendiri. Jangan copas menjiplak tulisan orang lain. Referensi sih boleh tapi bukan copas 100% apalagi cuma mengganti judul saja.

Sesuai dengan judul artikel ini, mari kita menulis dengan semangat ‘biar jelek ini (karya) milik sendiri.’

Pos ini dipublikasikan di Coretan Iseng dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke BIAR JELEK MILIK SENDIRI

  1. wijaya kusumah berkata:

    Itulah enanya punya blog sendiri. Lolos sensor tanpa editor

    salam
    Omjay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s