Rokok dan Angkutan Umum

kegiatan rokok merokok itu memang terasa enak dan nikmat bagi golongan ahli hisap, termasuk saya. maka jangan salahkan para perokok ketika sedang asyik menyedot asap walaupun jelas-jelas tercantum tulisan MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. para perokok juga tidak merasa terganggu walaupun ada fatwa haram soal rokok karena fatwa itu sendiri masih diperdebatkan di kalangan ulama.

tapi, merokok juga perlu ber-etika agar tidak mengganggu orang lain. kalau yang satu ini hanya soal kesadaran dan kemampuan menempatkan diri dalam situasi dan kondisi.
kaum perokok ya seharusnya tidak boleh semena-mena merokok jika lingkungan tidak kondusif untuk menikmati asap rokoknya. lihat dulu sikon ada, jangan asal menyalakan rokok dan bertindak egois.

seorang teman bercerita soal kegiatan merokok yang salah waktu dan tempat karena dilakukan dalam angkutan umum. begini …

teman: ‘ampun deh! panas-panas naik angkot yang berjejal, eh, ada juga orang yang tidak sadar diri.’
saya: ‘kenapa mbak?’

‘itu tuh … tadi ada bapak-bapak aneh yang asyik aja ngrokok klembak menyan di dalam angkot. asap dan aromanya bikin kepala tuing-tuing.’
‘terus? mba tegur si bapak itu?’
‘mungkin dia lagi lupa dan khilaf. aku ga negur secara langsung tapi dari gerakan dan ekspresiku, si bapak rupanya nyadar juga.’

‘terus?’
‘si bapak itu nanya, ada apa mbak? kujawab, ga papa kok, cuma jadi ingat mendiang bapak…’

‘terus?’
‘eh, si bapak itu ngomong, bapaknya embak suka merokok klembak menyan juga? memang rasanya enak banget, aku juga merasa wajib menikmati ini setiap hari karena bla … bla .. bla …’

‘terus?’
‘ampun deh, si bapak itu nerocos panjang lebar soal klembak menyan sambil asapnya ga berhenti memenuhi angkot. pak sopir aja sampai berkali-kali menengok ke belakang karena merasa terganggu juga.’

‘terus gimana, mbak?’
‘ga tahan deh … aku ngomong gini, setiap mencium aroma klembak menyan, aku selalu ingat mendiang bapak… beliau adalah pecandu berat hingga akhirnya harus pergi karena sakit paru-paru akut. seandainya mendiang bapak mau berhenti merokok tentu beliau masih hidup dan mendampingi anak cucunya. ihiks …’

‘terus?’
‘eh, si bapak di angkot langsung mematikan rokok klembak menyan nya. dia nampak salah tingkah gimana gitu … mukanya jadi lucu dan memelas. hihihi … aku pengin tertawa tapi ku tahan. kulihat pak sopir menoleh dan senyum-senyum mendengar reaksi dari ceritaku.’

‘terus?’
‘udah ahh … terus … terus mulu … entar nabrak lho …’

Pos ini dipublikasikan di Aku dan Lingkungan dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Rokok dan Angkutan Umum

  1. Yudha Karyadi berkata:

    ringan dan mengena, sebenernya sy sudah lama pengin nulis ‘rokok dan pegawai negeri’ tapi belum kesampaian. hehe…

    btw, pertamax buat sy ya mas.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s