Ampun Deh: Tukang Fotocopy

Aku cinta Indonesia. Kenapa? Karena Indonesia adalah negeri yang cantik, lucu, aneh dan unik sekaligus menggemaskan.

Hari ini karena sebuah keperluan, aku mendatangi kios fotocopy yang terletak dekat kantor.

Aku: Berapa harga fotocopy per lembarnya?
Si embak penjaga kios: Rp. 200/lembar, pak

Aku memberikan KTP untuk di-fotocopy 1 lembar dan uang Rp. 1.000 sebagai alat pembayaran.

Si embak penjaga kios: Maaf, pak. Tidak ada kembalian. KTP nya difotocopy lagi aja ya, biar genap jadi Rp. 1.000
Aku: Hmm …

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air …

Inilah Indonesia kita yang lucu, aneh dan unik sekaligus menggemaskan.

Aku tidak mempermasalahkan nilai nominal Rp. 1.000 tapi (katanya) dalam agama disebutkan setiap transaksi tergantung dari akad-nya.

Apa yang akan terjadi kalau aku ngotot cuma fotocopy 1 lembar saja?
Mungkin, si embak itu akan mencarikan uang kembalian sejumlah Rp. 800. Tapi, niatan ini kok aku jadi meragukan ya? Yang paling mungkin adalah uang Rp. 800 akan digantikan dengan permen. Yah, walaupun pemerintah c.q departemen keuangan melarang menggunaan permen sebagai pengganti alat pembayaran, tapi di tingkat bawah masih sekedar wacana. Enggak ngefek kalee …

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air …

Tapi, jujur saja, aku harus bersyukur atas kejadian ini.

Alhamdulillah, aku cuma bertransaksi untuk 1 lembar kertas fotocopy. Aku tidak bisa membayangkan apabila aku harus pergi suntik ke dokter dan ternyata bapak/ibu dokter nya juga menganut praktek konyol begini. Atas nama TIDAK ADA UANG KEMBALIAN, apakah aku harus disuntik berkali-kali agar genap dengan uang yang aku serahkan?

Ketika aku ceritakan hal ini pada teman-teman, eh, komentarnya beragam. Antara lain:
– Bagaimana kalau hal itu terjadi di TUKANG SUNAT ya?
– Bagaimana kalau di TUKANG CUKUR?

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air …

Aku cinta Indonesia. Kenapa? Karena Indonesia adalah negeri yang cantik, lucu, aneh dan unik sekaligus menggemaskan.

Salam, MERDEKA!

RHRM
Si pencari damai

https://duniasithole.wordpress.com/

Pos ini dipublikasikan di Aku dan Lingkungan dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Ampun Deh: Tukang Fotocopy

  1. dunia1download berkata:

    hehehe…benar benar mengena…..

  2. Ping balik: Ampun Deh: Tukang Fotocopy | Humor Dewasa & yang Lucu-Lucu

Tinggalkan Balasan

