idul fitri 1431 H

Sugeng Riyadi …
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H …
Mohon Maaf Lahir dan Batin

sithole

Iklan
Dipublikasi di Aku dan si Thole | 4 Komentar

GO GREEN: Selamatkan Planet Kita

Mongolia Gelar Rapat Kabinet di Gurun Pasir

Sejumlah meja dan kursi dipasang. Beberapa orang memakai topi bertuliskan “Selamatkan Planet Kita” sambil mencatat dan mendengarkan rekan mereka berbicara. Situasi ini terjadi di sebagian wilayah gurun pasir Gobi, akhir pekan lalu.

Mereka bukanlah turis, melainkan para tinggi Mongolia. Di tengah terik panas, 12 menteri rupanya menggelar rapat di gurun pasir Gashuunii Khooloi, yang terletak 670 km dari selatan Ibukota Ulan-Bator, Jumat 27 Agustus 2010.

Mereka sengaja menggelar rapat di gurun pasir sebagai aksi simbolis atas keprihatinan mereka terhadap perubahan iklim yang kian terasa di muka bumi. Sambil berpakaian setelan dan dasi, mereka tiba di lokasi setelah menempuh perjalanan selama 15 jam.

Penyelenggara kemudian menancapkan bendera nasional sambil menata sejumlah meja dan kursi. “Mongolia merasakan dampak perubahan iklim global,” kata Perdana Menteri Batbold Sukhbaatar setelah memimpin rapat yang berlangsung selama satu jam.

Dia memberi contoh bahwa akhir-akhir curah hujan di Mongolia berkurang. Suhu udara yang kian bertambah membuat banyak sungai jadi kering. Itu bila di musim panas.

Saat musim dingin, Mongolia menjadi luar biasa dingin. Rakyat negara yang bertetangga dengan China itu baru saja mengalami musim dingin terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Selain itu, seperlima dari total ternak di Mongolia mati.

Maka, sebagai empati kepada rakyat, para pejabat menggelar rapat di gurun pasir. Mereka bisa merasakan langsung dampak perubahan iklim. Para pejabat pun bertekad untuk terus mendukung kampanye global dalam mengatasi perubahan iklim dengan mempromosikan pola hidup yang ramah lingkungan.

Aksi unik para pejabat Mongolia ini mengikuti langkah yang dilakukan sejumlah negara. Pada Desember tahun lalu, pemerintah Nepal menggelar rapat di Gunung Everest dengan mengusung tema bahaya pemanasan global bagi mencairnya es di pengunungan itu, yang dapat mengancam negara mereka.

Dua bulan sebelumnya, Oktober 2009, para pejabat Maladewa menggelar rapat di bawah laut. Itu merupakan bentuk keprihatinan atas nasib wilayah mereka yang terancam tenggelam akibatnya naiknya permukaan air laut. (Associated Press)

http://id.news.yahoo.com/viva/20100830/twl-mongolia-gelar-rapat-kabinet-di-guru-cfafc46.html

Dipublikasi di GO GREEN | Tag , , | 4 Komentar

Saya Orang Aneh?

sungguh membingungkan menghadapi banyak teman-teman di facebook.
gini ceritanya …

setelah membaca artikel dari mbah doyok yang berjudul Lho.., Koq Densus 88 Menangkap Pasangan Selingkuh ? maka segera saya tanya ke mbah gugel untuk menemukan berita aslinya sehingga muncul tulisan tersebut. akhirnya saya menemulan linknya yaitu:

http://www.inilah.com/news/read/politik/2010/08/27/777921/ups-densus-88-juga-memburu-selingkuhan/

tanpa bermaksud mendeskreditkan pihak tertentu, saya menuliskan tautan ke dinding facebook saya dengan mengutip sebagian isi dari berita tersebut yaitu:

Penangkapan itu dibenarkan oleh Kaur Bina Operasional (KBO) Reskrim Polres Kediri Kota Iptu Wahana. “Saya hanya diajak untuk mendampingi,” kata Wahana.

Mantan Kepala Unit Narkoba Polwil Kediri menjelaskan ini, IT adalah istri seorang milliader (orang kaya, red) asal Jakarta. Ia lari dengan RK, yang disinyalir kekasihnya…. RK sendiri seorang keturunan China yang bekerja di sebuah perusahaan bursa efek di Jakarta

berbagai tanggapan dan komentar masuk atas tautan tersebut dan saya hanya menuliskan jawaban
TANYA: KENAPA? untuk semua komentar dari teman-teman.

jujur, satu komentar dari seorang teman mengusik hati dan cara berpikir saya yaitu:

XXX: Trus yg jd aneh apanya bung ???

iya ya … APA YANG ANEH?

dan saya membalasnya dengan menuliskan:
emang aku nulis ‘aneh’? itu kan berbagi info …

mohon jawaban dan saran dari teman-teman semua, pertanyaan saya adalah:

1.  apa yang aneh?
2.  apakah saya termasuk orang aneh?

sampai artikel ini saya tuliskan disini, TIDAK ADA KOMENTAR ULANG DARI XXX tersebut … dan ini terus mengganggu hati dan cara berpikir saya

TANYA: KENAPA?
ANEH?

Dipublikasi di Aku dan Lingkungan | Tag , , , , | Meninggalkan komentar

Mudik itu Baik

mudik itu baik, ini alasannya :

1. mudik adalah tradisi leluhur yang harus dilestarikan karena menumbuhkan sifat menghormati kepada yang lebih tua. biasanya, saudara muda akan mengunjungi saudara tua dan orang tua untuk bersilahturahmi dan bermaaf-maafan

2. mudik itu tanda bahwa kita masih punya kampung halaman yang akan selalu diingat sampai mati walaupun kita jauh di tanah rantau.

3. mudik (seharusnya) bisa menumbuhkan dan melatih sifat sabar, rasa menghargai orang lain dan tenggang rasa karena setiap mudik dipastikan terjadi kemacetan sepanjang perjalanan sampai ke tempat tujuan.

4. mudik adalah salah satu cara untuk distribusi pendapatan dan bisa menggerakkan ekonomi di daerah. kata orang, uang terkumpul di jakarta dan kota-kota besar lainnya maka dengan tradisi mudik bisa memecah konsentrasi uang tersebut sampai ke daerah-daerah terpencil.

5. (seharusnya) mudik bisa dijadikan momentum untuk rembug desa atau kota (kecil). pemerintah daerah harus jeli menangkap peluang ini untuk mengembangkan daerahnya.

6. mudik adalah sarana rekreasi / hiburan buat kita yang selalu disibukan oleh rutinitas pekerjaan dan irama kota yang berdenyut kencang. mudik bisa mengendorkan urat syaraf sehingga kita menjadi fresh dan bebas stress (untuk sementara). kemacetan selama mudik adalah harga yang harus dibayar sebelum kita sampai ke tempat tujuan.

7. mudik adalah ajang promosi budaya dan kuliner lokal

8. mudik membuat jakarta menjadi lebih nyaman karena sebagian besar warganya pulang kampung sehingga kemacetan jakarta bisa dikurangi.

9. apa lagi ya? silahkan menambahkan sendiri …

apakah anda juga akan mudik?
selamat menikmati ritual mudik karena mudik itu baik. hati-hati di jalan!

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag , | 5 Komentar

Mana Suaramu?

rasanya cape ngomongin pemerintah kita yang selalu berlindung di balik kata-kata indah untuk menutupi ketakutan yang enggak jelas.

saat ini rakyat sudah resah dan gelisah melihat kelakuan kerajaan tetangga yang ngelunjak dan sok kemaki pada kerajaan ini.
sori, ane menyebutnya sebagai kerajaan karena siapapun yang berkuasa selalu berusaha menancapkan kekuasaannya seumur hidup bahkan selalu diusahakan agar kekuasaan itu bisa menjadi milik keluarganya. kekuasaan dirubah menjadi harta pribadi yang bersifat turun temurun.
emangnya, cuma elo aje nyang pantes jadi raja di kerajaan ini? bah!

kerajaan tetangga memang nakal dan suka nakalan pada kite. sombong itu loh nyang bikin ane juga eneq bin guondoookkkk buanget!

seolah-olah die ngerasa paling bener and paling hebat!
baru aje dilempari tahi udah ngap-ngap ngerasa tersinggung. emangnye rakyat kite ga ngerasa tersinggung ngeliat tingkah mereka yang kemaki mblegedes gitu?
baru tau die kalo rakyat kite ternyata bukan boneka mati yang manut penurut. rakyat juga bisa marah dan berontak kalo ngeliat hal-hal nyang ga bener. minta dikepret?

eh, nyang bikin lebih gondok … ternyata paduka raja nyang terhormat itu malah bingung ngeliat tingkah rakyatnya yang mulai emosi terbakar jiwa nasionalisme nya demi ngebela negeri ini.
bah! ini dongeng macam mana pulak?

seharusnya, paduka raja bisa lebih arif dan bijaksana atau malah bangga karena rakyatnya siap berjuang ngelawan kerajaan tetangga itu. paduka raja harus ngerasa pe-de karena dibela rakyatnya sampai titik darah penghabisan. ini baru dikatakan raja nyang bener! bukan raja abal-abal bin ghoib

cape deh kalo raja ama rakyatnya udah enggak kompak!
solusinya mungkin cuma ganti raja nyang cumak 1 orang, karena rakyat yang jumlahnya jutaan ini mau diganti ama apaan?

doeloe … para sesepuh negeri sudah menetapkan burung garuda sebagai simbol negara karena garuda melambangkan keperkasaan, keberanian, ketangguhan di udara dan kekuatan menghadapi angin dan badai. kini, apakah garudanya sudah loyo hingga berubah menjadi emprit?

mari kite renungkan bareng-bareng …

apa nyang akan ente lakukan kalok ada maling nyang nyemperin rumah ente?
katakanlah maling itu sudah ngegondol tipi, hape, radio, duit ente dengan bebas merdeka.

apa nyang akan ente lakukan kalok ente bisa nemuin tu maling?
jadi, malingnya dah jelas tanpak oleh mata kepala … bukan mata batin kata mbah dukun lagee.

apa nyang akan ente lakukan?

pilihan jawabannya adalah berikut:

1. ente samperin tuh maling lalu diajak ngomong baek-baek, kalo masih rewel ya ente tabokin aja
2. ente laporin tuh maling ama pihak berwenang dengan mengemukakan beberapa data dan fakta jadi ente enggak dituduh sebagai tukang nyebar gossip ato fitnah
3. ente ngajak damai itu maling atas nama kemanusiaan dan rasa cinta damai
4. ente diemin aje karena ente takut karena si maling lebih jagoan dari ente. tapi, ente ga ngerubah dan menambah keamanan di rumah ente sehingga ada kemungkinan tuh maling bakal nyatronin rumah ente lagi.

ente pilih nyang mana?
silahken ente jawab dalam ati aje … itu seh hak pilih ente pribadi sesuai dengan kadar keberanian ente masing-masing.

yah, begitulah nyang terjadi ama negeri ini …

ngajak damai sih boleh-boleh aje … tapi ya kudu tegas agar tuh maling tidak sewenang-wenang berbuat nakal ama kite.

kenapa sih kata tegas menjadi susah banget dijalanin?

ane juga cinta damai nyang ga suka perang karena katanye perang itu adalah bencana nyang akan menyengsarakan rakyat negeri ini. ane enggak minta baginda raja untuk meniup pluit maju perang! ane dan mungkin sebagian besar dari rakyat kerajaan ini cumak minta ketegasan dari baginda raja nyang  terhormat.

ane pengin tetep punya lambang negara burung garuda nyang gagah perkasa dan berani. sumpah, demi kehormatan semua leluhur ane … ane enggak mau ngerubah burung garuda menjadi burung emprit!

ane bangga menjadi bagian dari nusantara nyang dulu punya mahapatih gajahmada nyang gagah perkasa nyang disegani karena bisa menyatukan nusantara.
ane bangga karena sejarah mencatat kite punye bung karno nyang berani lantang berbicara demi kehormatan dan nama baik negeri ini.

sekarang, apa nyang terjadi ama negeri ane?

plis deh ahh … mana ketegasan sebagai seorang pemimpin?

damai sih boleh-boleh aja setelah semua masalah bisa dicari kebenarannya. damai itu ga dosa, malah berpahala tapi ya kudu ada aturan mainnye.
labrak!

mereka berani ngomong keras … eh, kita kok lembek kalo digertak seh?
ngomong nyang keras juga dong!

mana suaramuuuuuuu?
jangan cumak bisa bersuara saat pemilu atau pilpres aje!

Dipublikasi di Aku dan Lingkungan | Tag , , , , | 2 Komentar

Aku Cinta Malaysia, tapi Aku Lebih Cinta Indonesia

bagaimana perasaan anda saat saya tuliskan AKU CINTA MALAYSIA?

marah dan mempertanyakan nasionalisme saya?
hahaha … sabar, boss!

gini penjelasannya …

anda tidak perlu ragu soal nasionalisme saya yang cuma seorang pemulung sampah kota dan sampah kata. saya sudah menulis beberapa artikel yang menyatakan betapa saya cinta pada negeri ini walaupun nama saya belum pernah tercatat dalam sejarah negeri ini.

http://sosbud.kompasiana.com/2010/08/27/ini-dadaku-mana-dadamu/

http://lomba.kompasiana.com/group/blog-kemerdekaan/2010/08/16/baik-atau-buruk-inilah-negaraku-indonesia-tetap-negaraku-tercinta/

http://lomba.kompasiana.com/group/blog-kemerdekaan/2010/08/16/selamat-ulang-tahun-indonesiaku/

lalu, kenapa saya menuliskan judul AKU CINTA MALAYSIA?

pertanyaan saya … emang tidak boleh? emang dosa?
saya seorang muslim dan dalam ajaran yang saya yakini kebenarannya menyatakan bahwa SETIAP MUSLIM ADALAH SAUDARAMU.
jadi, apakah dosa kalau saya mencintai saudara saya yang sesama muslim?

mencermati semua postingan yang ada, saya mengambil kesimpulan begini:

sebenarnya, SIAPAKAH YANG PANTAS DIKUTUK DAN DIMAKI KARENA KONFLIK INDONESIA DAN MALAYSIA? (maaf kalau saya salah, ini semua adalah karena kebodohan saya dalam mencerna setiap artikel yang ada)

rakyat indonesia marah, begitupun rakyat malaysia!
jadi, ibaratnya tinggal dikasih api sedikit aja maka akan terbakar semua emosi yang ada.

saya (pribadi) menilai bahwa KESALAHAN ADA DI PIHAK PEMERINTAH INDONESIA DAN MALAYSIA

kenapa?

KESALAHAN PEMERINTAH MALAYSIA
menurut analisa Abang Geutanyo begini:

perbuatan ngawur malaysia adalah didasarkan pada cita-cita dari kelompok Ultra Nasionalis Malaysia yang kini telah menguasai parlemen dan Pemerintahan Malaysia. Mereka masih bermimpi menghidupkan negara persemakmuran Melayu Raya di Selat Malaka. Apabila Indonesia sanggup di atasi, maka Singapore tentu tinggal memencet tombol saja, begitulah kira-kira analaisa dan kajian kelompok Ultra Nasionalis ini.

Kelompok Ultra Nasionalis ini sudah mulai menguat saat mendongkel Mahatir Muhammad sebagai PM Malaysia. Kelompok ini memberangus Anwar Ibrahim yang membawa bendera konserfatif dan demokratis. Ia pun dihadapkan pada skenario-skenario penistaan abadi, sehingga sangat tipis kemungkinan Anwar Ibrahim mampu kembali pada track sebagai calon pemimpin Malaysia, walau kesempatan ini terbuka jika dalam persoalan dengan Indonesai ini Malaysia dapat dikalahkan.

SUMBER: http://politik.kompasiana.com/2010/08/26/siti-nurhalizah-pun-menangis-oh-malaysia-ambisius-ultra-nasionalis/

(cerita lengkapnya silahkan baca di link tersebut)

jadi ya kelompok Ultra Nasionalis Malaysia itu berusaha menarik simpati rakyatnya dengan berbuat nakal pada saudara serumpunnya, indonesia.

lalu, apa kesalahan pemerintah indonesia?

KESALAHAN PEMERINTAH INDONESIA

1. kurang tegas
2. kurang tegas
3. kurang tegas
4. kurang tegas
5. kurang tegas
… ditulis alasan sampai bilangan tak terhingga pun, jawaban saya tetap KURANG TEGAS!

kenapa?

anda ingat jaman dulu sekolah mulai SD, SMP, SMA, UNIVERSITAS bahkan sampai hari ini?

orang yang lemah, klemak-klemek dan penurut selalu menjadi bahan permainan bagi orang yang lebih kuat dan (merasa) berkuasa.
disadari atau tidak, dalam hidup ini selalu berlaku HUKUM RIMBA … YANG KUAT MENGUASAI YANG LEMAH!

hah? apakah pemerintah indonesia begitu lemah pada malaysia?
silahkan anda jawab saja sendiri.
saya yakin pihak pemerintah pasti punya alasan pembenaran dan penyangkalan terhadap teori ini dengan 1001 macam alasan. itu sih sah-sah saja.
tapi ingat, ini yang dirasakan sebagian rakyat termasuk saya! bahkan beberapa tokoh penting seperti para jenderal dan anggota dpr juga merasa gerah atas prilaku pemerintah ini.

tanya: kenapa?
entah! biarkan pihak pemerintah yang menjawab karena saya bukan bagian darinya.

kata kakek dan ayah saya …

tegas itu bukan berarti sok jagoan dan sok hebat karena diatas langit masih ada langit. tegas itu cara persikap dalam hidup dan kehidupan. kita akan dihargai dan disegani kalau kita sudah berbuat tegas dan pasti. artinya ya TIDAK ESUK DELE SORE TEMPE alias PLIN-PLAN.

tegas itu bisa ke dalam dan bisa keluar. cara aplikasinya ya sesuai situasi dan kondisi aja.

kembali ke laptop (pinjem bahasa kang tukul arwana)

aku cinta malaysia … TAPI, AKU LEBIH CINTA INDONESIA

seharusnya sebagai negara tetangga, alangkah indahnya kalau kita bisa hidup rukun dan saling menghormati sehingga ekonomi kedua negara bisa berjalan lancar.

indonesia mengirimkan ribuan tenaga kerja ke malaysia.
hal ini jangan membuat malaysia merasa paling hebat karena bisa menghidupi rakyat indonesia. ingat, mereka itu bekerja bukan mengemis minta bantuan.
dalam hadist nabi disebutkan : BAYARLAH UPAH KARYAWANMU SEBELUM KERINGATNYA KERING
jadi, saat tenaga kerja indonesia sudah bekerja dengan baik dan benar ya sepatutnya seorang majikan membayar upah karyawannya dengan baik dan benar.

lalu, apa keuntungan buat ekonomi malaysia?
hah? apakah malaysia tidak melihat manfaat dari tenaga kerja itu? mereka menggerakkan beberapa sektor pertanian, perdagangan, industri dll di malaysia.

mau contoh yang lebih hebat?

dalam bidang seni
artis dan penyanyi atau seniman malaysia lainnya bolehlah numpang ngetop di indonesia. begitupun sebaliknya. saya ingat masa kejayaan AMY SEACRH yang sukses dengan lagunya ISABELLA di jaman SMP dulu. ini bukti, bung! seni tidak mengenal batasan negara atau wilayah

beberapa artis kita juga ngetop di malaysia. contohnya slank, inul, bang haji rhoma, dll
ini belum dihitung yang artis sinetron

dalam bidang industri
hehehe … saya tidak usah menyebutkan yang pasti sentimen anti malaysia membuat beberapa produk malaysia penjualannya termehek-mehekdi pasar indonesia.

eh, ketinggalan …

saat ini, film upin-ipin juga menjadi idola di indonesia. tipi di rumah saya selalu memutar film ini karena sithole, anak laki-laki saya, adalah penyukanya dan saya tidak keberatan karena terus terang film ini lebih mendidik dibandingkan sinetron indonesia yang sering bercerita soal negeri gaib non rasional.

adakah film produksi indonesia yang juga berjaya di malaysia?

nah …

itulah alasan kenapa saya mengambil judul AKU CINTA MALAYSIA, TAPI AKU LEBIH CINTA INDONESIA. sebuah spanduk selalu terpasang di beberapa tempat di kota saya, isinya … DAMAI ITU INDAH

apakah anda setuju?

kini berarti bola ada di tangan pemerintah indonesia dan malaysia.
kunci perdamaian itu adalah:
– RASA SALING MENGHORMATI
– RASA SALING MENGHARGAI
– RASA PERSAUDARAAN DAN BERUSAHA MENJAGA PERASAAN SAUDARANYA

pesan saya untuk pemerintah malaysia:
jangan mencubit kalau anda tidak mau dicubit, jangan menghina kalau anda tidak mau dihina karena WARGA INDONESIA SIAP MEMPERTARUHKAN KEHORMATAN NEGERINYA DENGAN DARAH YANG TERSISA

pesan saya untuk pemerintah indonesia:
ayo, yang TEGAS DIKIT napa? jangan cuma bisa curhat dan genjreng-genjreng …
KAMI TETAP CINTA INDONESIA

bagaimana?

salam damai,

rhrm
anak ibu pertiwi yang CINTA INDONESIA

Dipublikasi di Aku dan Lingkungan | Tag , , , , | 4 Komentar

Ini dadaku, mana dadamu?

” Ini dadaku, mana dadamu? Kalau Malaysia mau konfrontasi ekonomi, Kita hadapi dengan konfrontasi ekonomi. Kalau Malaysia mau konfrontasi politik, Kita hadapi dengan konfrontasi politik. Kalau Malaysia mau konfrontasi militer, Kita hadapi dengan konfrontasi militer “

SUMBER : http://id.wikiquote.org/wiki/Soekarno

menghadapi permasalahan indonesia- malaysia, apa yang anda rasakan?
sebal? iya!
marah? pasti!
muak? muak!
pada siapa anda curahkan semua perasaan tidak enak itu?
saya pribadi lebih memilih pada pemerintah kita yang seakan-akan kalah dalam diplomasi yang cantik tapi tegas dengan malaysia.

eh, rupanya apa yang saya rasakan ini juga dirasakan oleh beberapa tokoh di negeri ini … dan mungkin juga anda. ini hanya soal ketegasan dari pemerintah indonesia saja, bung!

“Sekarang ini mumpung isunya masih seputar masalah kecil yang sifatnya teknis, makanya harus bisa bersikap tegas. Tujuannya untuk menaikkan tingkat ketegangan sebagai terapi kejut. Supaya semua sadar, hubungan kita dan Malaysia selama ini bukannya tanpa masalah. Katanya serumpun, tapi kok banyak persoalan begini?” ujar Andi.

SUMBER: http://lipsus.kompas.com/topikpilihan/read/2010/08/26/21205672/Malaysia.Perlu.Diberi.Shock.Therapy

“Dalam menghadapi itu semua, keputusan yang diambil pemerintah harus berani, tegas, dan bijak. Bila tidak seperti itu, nanti kita bisa takut menangkap nelayan-nelayan asing yang masuk perairan kita. Untuk itu saya desak pemerintah,” kata Wiranto

SUMBER: http://lipsus.kompas.com/topikpilihan/read/2010/08/26/20340990/Wiranto.Harus.Berani.Hadapi.Malaysia

“Saat ini yang ditunggu adalah sikap kepemimpinan seorang kepala negara. Seorang pemimpin (Presiden SBY) harusnya bisa menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa besar. Tunjukkan, seorang pemimpin yang punya keberanian,” tandas Presiden Indonesian Islamic Business Forum (IIBF), Heppy Trenggono

SUMBER: http://lipsus.kompas.com/topikpilihan/read/2010/08/26/19482769/Heppy.Presiden.Harus.Berani.Melawan

apa yang anda rasakan saat membaca ungkapan-ungkapan dari para tokoh diatas?
saya mendukung!

mengutip ungkapan dari jend wiranto: pemerintah harus berani, tegas dan bijak

saya cinta damai dan tidak menyukai bentuk kekerasan.
tapi, apakah saya harus diam saja kalau (misalkan) ada orang asing yang masuk ke rumah saya dan menginjak-injak harkat dan martabat saya sebagai tuan rumah?

saya tidak perlu segala penghormatan karena saya bukan apa-apa dan siapa-siapa. saya hanya seorang anak ibu pertiwi yang cinta pada negeri ini karena disini saya dilahirkan, dibesarkan dan saya berharap di negeri ini pula besok jasad saya akan dikebumikan menunggu datangnya hari akhir.

tulisan ini bukan ingin menyerang ataupun mempermalukan seorang pemimpin yang (katanya) dihormati dan diagungkan di negeri ini.
tulisan ini hanya sebuah ungkapan hati dari seorang wong cilik yang insya allah masih punya jiwa nasionalisme untuk indonesia tercinta ini.

saat malaysia mengeluarkan ancaman pemberlakuan travel advisory bagi warga Malaysia yang akan berkunjung ke Indonesia, hal ini menunjukan sikap Malaysia yang berlebihan dan bernuansa provokatif.

provokatif dalam kamus saya adalah … TANTANGAN

saya suka mencari teman, sahabat dan saudara … tapi insya allah saya tidak akan mundur saat seorang musuh datang untuk mengganggu rumah tangga dan keluarga saya.
saya berpegangan pada sebuah ungkapan yaitu: ENTE JUAL, ANE BELI …
soal bagaimana cara saya membeli ya itu sesuai dengan kemampuan saya. bisa dibayar tunai atau dikredit itu tak jadi soal … YANG PENTING ANE BELI !!!

indonesia – malaysia selalu mengaku sebagai saudara serumpun.

tapi, apakah ini hal patut dilakukan jika kita saling mengaku saudara? selalu membuat masalah dan menimbulkan konflik adalah perbuatan buruk untuk mereka yang mengaku saudara serumpun.
saudara dalam kamus hidup saya adalah:
– saling membantu
– saling memberi
– saling menjaga / melindungi
– saling mengingatkan untuk sebuah kesalahan
– saling berjiwa besar untuk mau mengakui kesalahan
naaahhh … INI BARU YANG DISEBUT SAUDARA!
dan, jiwa persaudaraan selalu dibawa sampai mati!

unen-unen dalam bahasa jawa mengatakan:
ono rembug ya dirembug
jika ada masalah / pertikaian ya (harap) diselesaikan dengan kepala dingin dan bijaksana. tapi, sekali lagi … semua pihak yang rembugan harus dalam posisi sejajar tidak saling menghinakan dan merendahkan satu sama lain.

ono panganan ya dipangan bareng
kalau ada rejeki ya sewajarnya dinikmati bersama sesuai dengan porsinya masing-masing.

seorang teman mengatakan:
sebetulnya indonesia punya posisi tawar yang bagus. jika saja pemerintah mau menarik seluruh tki yang bekerja di malaysia tentu malaysia akan kerepotan karena disadari atau tidak, sebagian besar industri dan perekonomian malaysia dikerjakan oleh tenaga kerja indonesia yang terdistribusi dalam beberapa sektor.

tapi, apakah ini yang harus dikerjakan oleh pemerintah indonesia?
saya katakan … boleh saja, kalau pemerintah kita siap untuk menyiapkan lapangan pekerjaan bagi ribuan warganya yang pulang berbondong-bondong dari malaysia.

apa artinya?
indonesia maupun malaysia punya kepentingan bersama.

indonesia bisa mengekspor tenaga kerja, sedangkan malaysia perlu mengimpor tenaga kerja.
bukankah itu hal yang cocok untuk dipersatukan?

pasti tidak akan ada habisnya kalau kita membahas soal hubungan indonesia – malaysia dan mungkin akan berujung pada debat kusir.

kembali lagi mengutip ungkapan dari jend wiranto: pemerintah harus berani, tegas dan bijak … maka, saya berharap pemerintah bisa mengambil jalan yang terbaik yang bisa memuaskan semua pihak yaitu pihak malaysia dan LEBIH UTAMA lagi pihak rakyat yang memiliki negeri ini.

saya suka mencari teman, sahabat dan saudara … tapi insya allah saya tidak akan mundur saat seorang musuh datang untuk mengganggu rumah tangga dan keluarga saya.
saya berpegangan pada sebuah ungkapan yaitu: ENTE JUAL, ANE BELI …
soal bagaimana cara saya membeli ya itu sesuai dengan kemampuan saya. bisa dibayar tunai atau dikredit itu tak jadi soal … YANG PENTING ANE BELI !!!

ini soal ketegasan dalam bersikap, bung!

salam damai,

rhrm
anak ibu pertiwi

Dipublikasi di Aku dan Lingkungan | Tag , , , | 3 Komentar

Pidato Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia

“Mana jiwa patriotisme bangsa indonesia!! Disini juga dikutip tentang malaysia!! Ayo kita ganyang malaysia klo dia berani macam-macam dengan INDONESIA!

Kutipan beberapa Pidato Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia

1. “Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit.”
2. “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.”
3. Dikutip dari Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Cindy Adams “Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya.”
4. Diucapkan ketika menyematkan bintang sakti kepada dua orang perwira, yaitu Mayor Benny Moerdani dari RPKAD dan Mayor Untung bin Sjamsuri dari Banteng Raiders. “we have only scratched the surface ”
5. Kutipan Pidato Bung Karno di Semarang, 29 Juli 1956 “Negeri kita kaya, kaya, kaya-raya, Saudara-saudara. Berjiwa besarlah, berimagination. Gali ! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia”.
6. Kutipan Pidato Bung Karno di Semarang, 29 Juli 1956 “Dan agar yang tidak murni terbakar mati!”
7. Pidato tertulis PJM Presiden Sukarno pada Konferensi Besar GMNI di Kaliurang Jogjakarta, 17 Februari 1959.Terbangkelangit 08:12, 16 Februari 2008 (UTC) SEJARAH “Massa adalah penentu sejarah, “the makers of history!”
8. Kutipan Pidato Bung Karno di Semarang, 29 Juli 1956 “Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah.” Salah satu judul pidato beliau. Disingkat menjadi JASMERAH
9. ” Ini dadaku, mana dadamu? Kalau Malaysia mau konfrontasi ekonomi, Kita hadapi dengan konfrontasi ekonomi. Kalau Malaysia mau konfrontasi politik, Kita hadapi dengan konfrontasi politik. Kalau Malaysia mau konfrontasi militer, Kita hadapi dengan konfrontasi militer ”
10. MARHAENISME “Dan siapakah yang saya namakan kaum Marhaen itu? Yang saya namakan Marhaen adalah setiap rakyat Indonesia yang melarat atau lebih tepat: yang telah dimelaratkan oleh setiap kapitalisme, imprealisme dan kolonialisme.”
11. Pidato tertulis PJM Presiden Sukarno pada Konferensi Besar GMNI di Kaliurang Jogjakarta, 17 Februari 1959. “Kaum Marhaen ini terdiri dari tiga unsur: Pertama : Unsur kaum proletar Indonesia (buruh) Kedua : Unsur kaum tani melarat Indonesia, dan Ketiga : kaum melarat Indonesia yang lain-lain”
12. Pidato tertulis PJM Presiden Sukarno pada Konferensi Besar GMNI di Kaliurang Jogjakarta, 17 Februari 1959. “Dan siapakah yang saya maksud dengan kaum Marhaenis? Kaum Marhaenis adalah setiap pejuang dan setiap patriot Bangsa. Yang mengorganisir berjuta-juta kaum Marhaen itu, dan Yang bersama-sama dengan tenaga massa Marhaen itu hendak menumbangkan sistem kapitalisme, imprealisme, kolonialisme, dan Yang bersama-sama dengan massa Marhaen itu membanting tulang untuk membangun Negara dan masyarakat, yang kuat, bahagia sentosa, adil dan makmur.”
13. Pidato tertulis PJM Presiden Sukarno pada Konferensi Besar GMNI di Kaliurang Jogjakarta, 17 Februari 1959. KEMERDEKAAN “Adakah Lenin ketika dia mendirikan negara Soviet Rusia merdeka telah mempunyai Dnepprprostoff, dan yang maha besar di sungai Dneppr? Apa ia telah mempunyai radio station yang menyundul ke angkasa? Apa ia telah mempunyai kereta-kereta api cukup untuk meliputi seluruh negara Rusia? Apakah tiap-tiap orang Rusia pada waktu Lenin mendirikan Soviet-Rusia merdeka telah dapat membaca dan menulis? Tidak, Tuan-tuan yang terhormat! o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945. Indonesia merdeka, political independence, politieke onafhankelijkheid, tidak lain dan tidak bukan ialah satu jembatan! .Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
14. Manakala sesuatu bangsa telah sanggup mempertahankan negerinya dengan darahnya sendiri, dengan dagingnya sendiri, pada saat itu bangsa itu telah masak untuk kemerdekaan. Kalau bangsa kita, Indonesia, walaupun dengan bambu runcing, Saudara-saudara, semua siap sedia mati mempertahankan tanah air kita Indonesia, pada saat itu bangsa Indonesia adalah siap sedia, masak untuk merdeka. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
15. Jika tiap-tiap orang Indonesia yang 70 milyun ini lebih dahulu harus merdeka di dalam hatinya, sebelum kita mencapai political independence, saya ulangi lagi, sampai lebur kiamat kita belum dapat Indonesia merdeka! Di dalam Indonesia merdeka itulah kita memerdekakan rakyat kita! Di dalam Indonesia merdeka itulah kita memerdekakan hatinya bangsa kita! Di dalam Saudi Arabia merdeka, Ibn Saud memerdekakan rakyat Arabia satu per satu. Di dalam Soviet-Rusia merdeka Stalin memerdekakan hati bangsa Soviet-Rusia satu per satu. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
16. Di seberang jembatan, jembatan emas inilah, baru kita leluasa menyusun masyarakat Indonesia merdeka yang gagah, kuat, sehat, kekal dan abadi. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
17. Tidak peduli rakyat dapat baca atau tidak, tidak peduli rakyat hebat ekonominya atau tidak, tidak peduli rakyat bodoh atau pintar, asal menurut hukum internasional mempunyai syarat-syarat suatu negara merdeka, yaitu ada rakyatnya, ada buminya dan ada pemerintahannya, sudahlah ia merdeka. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
18. Apakah kita mau Indonesia merdeka yang kaum kapitalisnya merajalela, ataukah yang semua rakyatnya sejahtera, yang semua orang cukup makan, cukup pakaian, hidup dalam kesejahteraan, merasa dipangku oleh Ibu Pertiwi yang cukup memberi sandang pangan kepadanya? o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
19. Kemerdekaan hanyalah diperdapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati’! o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
20. NEGARA “Saudara-saudara yang bernama kaum kebangsaan yang di sini, maupun Saudara-saudara yang dinamakan kaum Islam, semuanya telah mufakat, bahwa bukan negara yang demikian itulah kita punya tujuan. kita hendak mendirikan suatu Negara ‘semua buat semua’. Bukan buat satu orang, bukan buat satu golongan, baik golongan bangsawan, maupun golongan yang kaya, tetapi ‘semua buat semua’. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
21. Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua! o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
22. Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! o Sumber: Soekarno, “Pidato di Surabaya, 24 September 1955’’
23. “Saudara-saudara dan rombongan : Buka mata, Buka mata! Buka otak! Buka telinga! Perhatikan, perhatikan keadaan! Perhatikan keadaan dan sedapat mungkin carilah pelajaran dari hal hal ini semuanya, agar supaya saudara saudara dapat mempergunakan itu dalam pekerjaan raksasa kita membangun Negara dan Tanah Air!”. o Kutipan Pidato Bung Karno di Semarang, 29 Juli 1956
24. KEBANGSAAN/NASIONALISME “Kebangsaan Indonesia yang bulat! Bukan kebangsaan Jawa, bukan kebangsaan Sumatra, bukan kebangsaan Borneo, Sulawesi, Bali atau lain-lain, tetapi kebangsaan Indonesia, yang bersama-sama menjadi dasar satu nationale staat. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
25. Internationalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak berakar di dalam buminya nasionalisme. Nasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak hidup dalam taman sarinya internasionalisme. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
26. “Jikalau ingin menjadi satu bangsa yang besar, ingin menjadi bangsa yang mempunyai kehendak untuk bekerja, perlu pula mempunyai “imagination!” o Kutipan Pidato Bung Karno di Semarang, 29 Juli 1956
27. “imagination” , “ imagination” “imagination “!!! Ciptaan besar!!! Kita yang dahulu bisa menciptakan candi-candi besar seperti Borobudur, dan Prambanan, terbuat dari batu yang sampai sekarang belum hancur ; kini kita telah menjadi satu bangsa yang kecil jiwanya, Saudara-saudara !! Satu bangsa yang sedang dicandra-cengkala kan didalam candra-cengkala jatuhnya Majapahit, sirna hilang kertaning bumi!! Kertaning bumi hilang , sudah sirna sama sekali. Menjadi satu bangsa yang kecil, satu bangsa tugu “rong depa” o Kutipan Pidato Bung Karno di Semarang, 29 Juli 1956
28. KESEJAHTERAAN Kalau kita mencari demokrasi hendaknya bukan demokrasi barat, tetapi permusyawaratan yang memberi hdup, yakni politik economische democratie yang mampu mendatangkan kesejahteraan sosial! Rakyat Indonesia sudah lama bicara tentang hal ini. Apakah yang dimaksud dengan Ratu Adil? Yang dimaksud dengan faham Ratu Adil ialah social rechtvaardigheid. Rakyat ingin sejahtera. Rakyat yang tadinya merasa dirinya kurang makan kurang pakaian, menciptakan dunia baru yang di dalmnya ada keadilan, di bawah pimpinan Ratu-Adil. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
29. MONARKI “Jikalau pada suatu hari Ki Bagoes Hadikoesoemo misalnya, menjadi Kepala Negara Indonesia, dan mangkat, meninggal dunia, jangan anaknya Ki Hadikoesoemo dengan sendirinya, dengan otomatis menjadi pengganti Ki Hadikoesoemo. Maka oleh karena itu saya tidak mufakat kepada prinsip monarki itu. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
30. GOTONG-ROYONG “Kekeluargaan adalah suatu faham yang statis, tetapi gotong-royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan, yang dinamakan anggota terhormat Soekardjo satu karyo, satu gawe. o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
31. Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-membantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Ho-lopis-kuntul-baris buat kepentingan bersama! o Sumber: Soekarno, Pidato di BPUPKI, 1 Juni 1945
32. KEMANUSIAAN “Bahwa manusia di dunia ini, Saudara-saudara, “basically” – pada dasar dan hakekatnya – adalah sama; tidak beda satu sama lain. Dan oleh karena itu manusia inilah yang harus diperhatikan’ o Kutipan Pidato Bung Karno di Semarang, 29 Juli 1956

JAYA LAH INDONESIAKU!!

SUMBER : http://id.wikiquote.org/wiki/Soekarno

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag , , , | Meninggalkan komentar

soekarno: negara tanpa konsepsi


soekarno: negara tanpa konsepsi

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag | 1 Komentar

2 Idola dalam 1 Foto: Soekarno Bersama Che Guevara

2 Idola dalam 1 Foto: Soekarno Bersama Che Guevara

Entahlah, senang rasanya menemukan 2 Idola dalam 1 Foto: Soekarno Bersama Che Guevara dalam koleksi mbah gugel.

Sayang tidak ada informasi yang bisa melengkapi foto ini, seperti …
1. kapan foto ini diambil?
2. ada acara apa sehingga mereka bisa foto bareng?

Mungkin ada yang tahu?
Silahkan berbagi disini …

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag , | 4 Komentar