Kenapa SBY batal ke Belanda?

Jangan Biarkan Republik Indonesia diolok-olok di Belanda

oleh Ramadhan Pohan pada 06 Oktober 2010 jam 9:29

Jakarta, 6 Oktober 2010

Ramadhan Pohan dari Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendukung keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunda kunjungan ke Belanda terkait rencana Pengadilan Den Hague atas dirinya.

Saya dukung putusan Presiden SBY. Tunda saja dulu ke Belanda, sampai soal internal Belanda itu selesai.

rencana kunjungan itu semula akan dilakukan untuk memenuhi undangan resmi Ratu Beatrix dan Perdana Menteri Jan Peter Balkenende, untuk mempererat hubungan baik kedua negara. Namun sayangnya, kesempatan kunjungan kenegaraan tersebut malah dimanfaatkan pergerakan Republik Maluku Selatan (RMS) di negeri kincir angin untuk mencuri panggung.

Kiita tak rela jika di Belanda, RI diolok-olok dgn pengadilan thd Presiden RI. Tak bisa kita biarkan Presiden RI dipermalukan demi agenda politik RMS yg notabene WN Belanda, semua masalah pengadilan Den Hague tersebut bukan lagi masalah yuridis tapi lebih menjurus ke politis.

Putusan Presiden SBY ini tidak berlebihan. Itu sudah pas dan terukur. Kunjungan toh tidak batal, tapi hanya ditunda. Kunjungan hanya bisa dilakukan jika ada kepastian dan jaminan Belanda tidak ada upaya penistaan RI dan termasuk Presiden RI selama berada di Belanda. Kita hormati pengadilan Belanda, tapi kita juga minta tak ada politisasi hukum di sana. Sulit bagi saya tdk mencurigai nuansa politisasi ketika pengadilan dilakukan justru di saat Presiden RI di sana

Pemerintah dan Ratu Belanda sebagai tuan rumah yang mengundang Presiden RI bisa memastikan tamunya terlindungi dan terjaga martabat diri dan bangsanya. Meningat hubungan dan kerjasama ekonomi, pendidikan, perdagangan, pertanian Belanda -RI jauh lebih penting dari RMS dan gesekan politik internal Belanda.

Meski begitu, kedaulatan dan martabat bangsa adalah harga mati, tak bisa ditawar2, apalagi dilecehkan

COPAS dari http://www.facebook.com/profile.php?id=1125233534
http://www.facebook.com/note.php?note_id=433311441628

 

Pos ini dipublikasikan di GADO-GADO dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s