Sales Bukan Pekerjaan Hina

Sales Bukan Pekerjaan Hina

Ada 4 pekerjaan terkaya didunia :

1. pialang
2. Dokter
3. pengacara atau lawyer
4. …..
ya,anda benar SALES Baca lebih lanjut

Dipublikasi di WIRAUSAHA | Tag , , , , , | Meninggalkan komentar

Dilarang Jongkok di atas toilet …

Dilarang Jongkok di atas toilet … artinya, sampeyan boleh apa saja kecuali jongkok
Berdiri juga OK, Berbaring juga Monggo mawon … itupun kalau sampeyan mau dan rela ikhlas dalam melakukannya.
Gambar nemu di toilet KFC Bulungan – Blok M Plaza, Jakarta

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag , , | 2 Komentar

Karyawan dan Wirausaha

Mana yang lebih enak antara menjadi seorang karyawan atau menjadi seorang wirausaha?
Bagi saya, kedua pilihan itu ada sisi positip dan negatip. Ada plus dan minusnya.

Menjadi karyawan itu kontrak pasti. Artinya anda akan dibayar rutin per bulan sekian rupiah dan mungkin ada bonus tambahan dalam periode tertentu. Menjadi karyawan itu harus siap diperintah oleh boss/ pimpinan dan harus mematuhi setiap peraturan yang telah ditetapkan oleh manajemen perusahaan dimana anda bekerja.

Sedangkan, menjadi wirausaha itu anda memiliki kebebasan waktu. Anda sendiri yang menentukan jam kerja dan aturan nya. Dari segi pendapatan, seorang wirausaha bisa naik turun sesuai dengan omset usaha yang anda kerjakan. Bisa enak dan bisa juga tidak enak.

Sekedar berbagi …

Saya mendapatkan kontrak dari perusahaan X untuk mensupply bahan baku buat perusahaannya. Kontraknya tidak terbatas, artinya berapapun bahan baku yang bisa saya setorkan pasti akan dibeli dan dibayar oleh perusahaan itu.
Jika dilihat dari segi pemasaran, saya tidak mendapatkan kesulitan lagi. Kendala saya saat ini adalah mengumpulkan bahan baku dan sedikit melakukan pengolahan sebelum disetor ke perusahaan pemesan.

Anda mengira saya senang?
Nanti dulu, senang sih pasti senang. Saya tidak mau menghilangkan rejeki yang diberikan oleh Tuhan YME. Sedikit atau banyak, setiap rejeki yang kita peroleh ya wajib untuk disyukuri.

Lalu, kenapa saya harus merasa tidak (kurang) senang?
Karena, harganya yang ekonomis sekali.

Kenapa?
Ok, saya berikan uraian sebagai berikut:

Perusahaan X menerima bahan baku dengan harga Rp. 475/kg. Berapapun kapasitas produksi saya akan dibayar tanpa kecuali.

Sebagai gambaran, usaha saya menerapkan hitungan sebagai berikut:

– Ongkos transportasi dari Tangerang ke Semarang = Rp. 185/kg
– Gaji Karyawan = Rp. 50/kg

Dengan melihat acuan itu maka harga jual produksi maksimal yang harus dicapai adalah …
Harga I = Rp. 475 – (Rp. 185 + Rp. 50) = Rp. 240/kg

– Barang baku harus dikumpulkan dari beberapa sub supplyer dengan harga Rp. 150/kg
– Ongkos angkut dari sub supplyer ke gudang saya = Rp. 25/kg

Maka Harga II = Rp. 240 – (Rp. 150 + Rp. 25) = Rp. 65/kg

Penghasilan kotor saya adalah Rp. 65/kg
Angka itu masih dikurangi bea gudang, operasional harian, uang keamanan/ preman, dll sehingga pendapatan bersih saya sekitar Rp. 20/kg

Mana yang lebih enak antara Karyawan dan Wirausaha?

Karyawan saya mendapatkan gaji sejumlah Rp. 50/kg dikalikan omset perusahaan dan dibagi jumlah karyawan menurut posisinya masing-masing.
Gaji itu tetap dan saya akan menghitungkan bonusnya setelah sekian bulan menurut situasi dan kondisi plus THR (Tunjangan Hari Raya), Uang Kesehatan dll.

Saya mendapatkan pendapatan bersih Rp. 20/kg dikalikan omset perusahaan dan dikurangi pajak pendapatan.

Apakah saya akan mengambil pekerjaan ini?
Insya Allah akan saya kerjakan karena banyak atau sedikit … rejeki Tuhan YME harus tetap disyukuri. Alhamdulillah saya masih diberikan rejeki dan saya masih bisa berbagi untuk karyawan yang bekerja di usaha saya.

Jika anda berpikir jadi pengusaha itu banyak duit ya sebaiknya anda berpikir ulang karena duit yang banyak itu dikumpulkan dari uang recehan yang mungkin jauh dari bayangan anda. Jaman sekarang, Rp. 20 itu tidak ada nilainya kalau harus berdiri sendiri tapi dengan kuantitas banyak, uang itu bisa menjadi angka yang besar.

Rp. 20/kg x 100 ton (100.000 kg) akan menjadi Rp. 2.000.000
Rp. 20/kg x 200 ton (200.000 kg) akan menjadi Rp. 4.000.000
Rp. 20/kg x 300 ton (300.000 kg) akan menjadi Rp. 6.000.000
Rp. 20/kg x 400 ton (400.000 kg) akan menjadi Rp. 8.000.000
Rp. 20/kg x 500 ton (500.000 kg) akan menjadi Rp. 10.000.000
Jadi, penghasilan bersih dari usaha saya ya tergantung omset dari usaha saya sendiri dan jangan lupa bahwa saya juga mengambil gaji dari usaha saya sesuai posisi saya sebagai direktur (hehehe …)

Mungkin, hitungan tadi terlalu kecil bagi anda yang saat ini memiliki perusahaan raksasa. Hitungan itu adalah gambaran kasar dari sebuah UMKM yang mencoba bertahan  dari gempuran kebutuhan hidup yang semakin mahal di ibukota.

Dipublikasi di Aku dan Lingkungan | Tag , , | Meninggalkan komentar

Beda Cewek dengan Cowok

telpon di siang hari

cewek: hallooo, sayang. apa kabar?
cowok: baik
cewek: udah makan belum, sayang?
cowok: udah
cewek: makan siang ama siapa aja? dimana?
cowok: ama si putri. berdua aja. di resto ANU
cewek: hmm …
(cemburu karena si putri itu cewek yang cantik dan menggoda)

seminggu kemudian … telpon di siang hari

cowok: hallo, sayang
cewek: ehh … hallo juga sayangku. apa kabar?
cowok: baik …lagi dimana nih?
cewek: lagi makan, say …
cowok: ama siapa aja? dimana?
cewek: ini, say … ama teman-teman kantor. ada irma, ada susi, ada dewi, ada rina … wah banyak say. kita lagi makan-makan karena si dewi kan lagi ultah. ramai banget deh … eh, udah makan, say?
cowok: belum
cewek: kenapa belum makan, say? awas, nanti sakit lhoo …
cowok: lagi ga punya duit … aku nungguin kamu ngajakin makan siang bareng … ihiks …
cewek: hmm …
(bingung)

Dipublikasi di GADO-GADO, Guyonan | Tag , | 1 Komentar

RAKYAT PEDULI PEMBANGUNAN PASAR REJOWINANGUN MAGELANG

RAKYAT PEDULI PEMBANGUNAN PASAR REJOWINANGUN MAGELANG

Grup ini merupakan bentuk keprihatinan masyarakat terhadap nasib pasar Rejowinangun Magelang, yang sejak terbakar 2,5 tahun lalu, hingga kini tidak jelas akan dibangun kembali. Dengan terbengkelainya pasar yang merupakan urat nadi perekonomian kota Magelang dan sekitarnya itu, berarti juga berlarut-larutnya penderitaan pedagang pasar dan keluarganya yang merupakan sebagian besar warga kota/kab Magelang.

Silahkan Gabung disini:
http://www.facebook.com/group.php?gid=147449411965693

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag , | Meninggalkan komentar

Kenapa SBY batal ke Belanda?

Jangan Biarkan Republik Indonesia diolok-olok di Belanda

oleh Ramadhan Pohan pada 06 Oktober 2010 jam 9:29

Jakarta, 6 Oktober 2010

Ramadhan Pohan dari Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendukung keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunda kunjungan ke Belanda terkait rencana Pengadilan Den Hague atas dirinya.

Saya dukung putusan Presiden SBY. Tunda saja dulu ke Belanda, sampai soal internal Belanda itu selesai.

rencana kunjungan itu semula akan dilakukan untuk memenuhi undangan resmi Ratu Beatrix dan Perdana Menteri Jan Peter Balkenende, untuk mempererat hubungan baik kedua negara. Namun sayangnya, kesempatan kunjungan kenegaraan tersebut malah dimanfaatkan pergerakan Republik Maluku Selatan (RMS) di negeri kincir angin untuk mencuri panggung.

Kiita tak rela jika di Belanda, RI diolok-olok dgn pengadilan thd Presiden RI. Tak bisa kita biarkan Presiden RI dipermalukan demi agenda politik RMS yg notabene WN Belanda, semua masalah pengadilan Den Hague tersebut bukan lagi masalah yuridis tapi lebih menjurus ke politis.

Putusan Presiden SBY ini tidak berlebihan. Itu sudah pas dan terukur. Kunjungan toh tidak batal, tapi hanya ditunda. Kunjungan hanya bisa dilakukan jika ada kepastian dan jaminan Belanda tidak ada upaya penistaan RI dan termasuk Presiden RI selama berada di Belanda. Kita hormati pengadilan Belanda, tapi kita juga minta tak ada politisasi hukum di sana. Sulit bagi saya tdk mencurigai nuansa politisasi ketika pengadilan dilakukan justru di saat Presiden RI di sana

Pemerintah dan Ratu Belanda sebagai tuan rumah yang mengundang Presiden RI bisa memastikan tamunya terlindungi dan terjaga martabat diri dan bangsanya. Meningat hubungan dan kerjasama ekonomi, pendidikan, perdagangan, pertanian Belanda -RI jauh lebih penting dari RMS dan gesekan politik internal Belanda.

Meski begitu, kedaulatan dan martabat bangsa adalah harga mati, tak bisa ditawar2, apalagi dilecehkan

COPAS dari http://www.facebook.com/profile.php?id=1125233534
http://www.facebook.com/note.php?note_id=433311441628

 

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag , | Meninggalkan komentar

KBK: Komunitas Blogger Kastigma

Komunitas Blogger Kastigma

Blog ini bertujuan:
1. untuk menumbuhkan jiwa menulis di lingkungan siswa ataupun alumni SMAN 3 Magelang.
2. sebagai sarana saling berbagi pengalaman
3. sebagai sarana komunikasi antara siswa, alumni dan guru di SMAN 3 Magelang
4. sebagai sarana informasi dari pihak sekolah

Silahkan langsung ke TKP … http://bloggerkastigma.wordpress.com

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag | 1 Komentar

Sarjana yang berdagang Ayam Bakar Presto

kain penutup warung ibu vita yang sederhana

saya menemukan warung sederhana ini karena diajak oleh seorang teman. dia mereferensikan kalau menu makanan di warung ini cukup enak walau tempatnya ala kadarnya. dan ternyata, makanannya pas buat selera saya sehingga saya menjadi langganan di warung ini dan akrab dengan pemiliknya.

1 porsi ayam presto yang belum dibakar

sarjana yang berdagang ayam bakar presto?

iya, saya serius! si bapak itu mengatakan begini:
“asal sampeyan tau aja ya mas gundul (saya memang gundul, karena rambut yang terus rontok ya saya putuskan untuk gundul sekalian daripada botak. hehehe … si empunya warung sudah akrab sehingga berani memanggil saya dengan nama mas gundul), aku pancen sarjana. aku asli putra lamongan. sarjana itu jenengku … karena wong jowo wetan ya sarjana menjadi sarjono. pelanggan biasa memanggil dengan nama pakdhe jono, mbah jono atau cuma pak’e”

jadi … sarjana disini bukan gelar pendidikan tetapi memang nama asli si pemilik warung yaitu S-A-R-J-O-N-0. katanya : “nama ini pemberian mbok-ku .. mungkin simbok berharap aku dadi sarjana beneran tapi karena ga duwe modal buat sekolah ya terpaksa cuma jadi sekedar nama saja. hehehe”

sarjana yang berdagang ayam bakar presto

“berapa umurnya, pak’e?” tanya saya

“walah, embuh mas. aku ga duwe surat lahir, simbok ga nyimpen. lagian buat apaan? aku ga dadi pegawai jadi ya ga ngurus surat-surat ngono. data di ktp saja asal nembak. hehehe”

“sudah lama jualan ini?”
“mas lihat saja tulisan di depan. ada angka 99 dalam lingkaran. aku mulai dagang ayam bakar presto ini sejak bulan 9 tahun 1999, nek tanggal persisnya wis lupa.”

“kenapa memilih menu ayam bakar presto? ini kan ga umum?”
“itulah seninya, mas. nek aku milih menu lamongan seperti pecel lele, ayam goreng, ayam bakar dan lain-lain ya jadi ga istimewa. ayam bakar presto kan jadi unik dan silahkan cek aja, mungkin di kawasan tangerang ini ya cuma warungku saja yang jual menu ini. pertama ya berat untuk mencari pasar tapi karena orang-orang pada penasaran ya mereka pada beli kesini. alhamdulillah rasa masakannya mungkin cocok sehingga mereka pada jadi langganan warungku, termasuk kan mas gundul sendiri tho?”

mbah jono sedang beraksi

“hehehe … ini beneran di presto, pak’e? kok tulangnya ga hancur?” tanya saya

“iya lah, mas. buat apa aku harus ngapusi? aku presto atau basa jawane ‘di-ungkep’ kira-kira 70% karena kalau benar-benar 100% presto ya bisa hancur saat dibakar. itu sudah tak bumbu jadi ya ayamnya sudah ada rasa, nah dibakar tak kasih bumbu oles lagi biar lebih joss rasanya. ayam prestonya dibakar pakai arang batok kelapa karena panasnya lebih tinggi dan kata orang-orang lebih ngeroso enak”

“gimana jualannya, pak’e? laris?”
“alhamdulillah, mas. aku bisa motong 50 ekor ayam perhari. ayam dibagi jadi 4 jadi ya aku melayani 200 porsi ayam potongan. selain itu juga ada menu tahu dan tempe yang juga dibakar. kalau mau beli 1 ekor utuh juga bisa. tapi, sekarang susah nyari untung gede, mas …”

“maksudnya?”
“harga ayam Rp. 24.000/ekor, setelah matang dibagi 4 dan aku jual dengan harga Rp. 8.000/porsi. untungku cuma (4x 8.000) – 24.000 jadi Rp. 8.000/ekor. kalau beli 1 ekor harganya Rp. 30.000, untung cuma Rp. 6.000/ekor. itu saja belum dihitung bumbu, lalapan dan bahan bakar. jadi ya mepet banget. tapi, semua rejeki besar atau kecil ya wajib disyukuri. aku dapat untung dari nasi, minum, tahu dan tempe nya.”

“kenapa namanya jadi warung IBU VITA? keren banget!”
“vita itu nama anak ragilku. warung ibu vita artinya warung’e ibune vita. hahaha”

https://duniasithole.wordpress.com

Dipublikasi di Aku dan Lingkungan, GADO-GADO, WIRAUSAHA, Wisata Kuliner | Tag | Meninggalkan komentar

Albert Einstein: Mahasiswa yang kritis

Profesor: “Apakah Tuhan menciptakan sgl yg ada?”
Seorang mahasiswa: “Betul, Dia yg menciptakn semuanya”

“Tuhan menciptakan semuanya?” Tanya professor sekali lagi
“Ya,Pak, semuanya” kata mahasiswa tersebut

Profesor itu menjawab, “Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan”
Mahasiwa itu terdiam & tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut.

Mahasiswa lain berkata, “Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?
“Tentu saja,” jawab si Profesor
Mahasiswa: “Profesor, apakah dingin itu ada?”
“Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada.”
Mahasiswa itu menjawab, “Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada.
Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu-460F adalah ketiadaan panas sama sekali & semua partikel menjadi diam & tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut.
Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas.

Mahasiswa itu melanjutkan, “Profesor, apakah gelap itu ada?”
Profesor itu menjawab, “Tentu saja itu ada.”
Mahasiswa itu menjawab “Sekali lagi anda salah, Pak. Gelap itu juga tidak ada.
Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak.
Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna & mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna.
Tapi Anda tak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dgn berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya.”

Akhirnya mahasiswa itu bertanya, “Profesor, apakah kejahatan itu ada?”
Dengan bimbang professor itu menjawab, “Tentu saja!”
mahasiswa itu menjawab, “Sekali lagi Anda salah,Pak. Kajahatan itu tak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin dan gelap, kajahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tak menciptakan kajahatan.
Kajahatan adalah hasil dari tak adanya kasih Tuhan dihati manusia.”

Profesor itu terdiam. Nama mahasiswa itu adalah Albert Einstein

*copas dari facebook

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag , , , , , | 1 Komentar

Saya akan menunggu petunjuk bapak Presiden

mr. X mengatakan: Saya akan menunggu petunjuk bapak Presiden

mr. X dan beberapa orang lain selalu mengatakan begitu dan bersembunyi di balik nama bapak Presiden saat dinyatakan bersalah dan atau digugat keabsahannya dalam menduduki sebuah jabatan. pernyataan diatas adalah kasus terbaru yang terjadi saat ini.

saya hanya berpikir, ‘sebetulnya … siapakah bapak presiden tersebut? apakah bapak presiden sudah sedemikan hebatnya sehingga selalu ditunggu petunjuknya sebagai panutan dalam bersikap? KENAPA TIDAK SEKALIAN SAJA MEMINTA PETUNJUK KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA AGAR MENUNJUKKAN JALAN YANG BAIK DAN BENAR?’

sebuah grup musik pernah menyanyikan ROCKER JUGA MANUSIA … disini saya coba memandang bahwa PRESIDEN JUGA MANUSIA YANG TAK PERNAH LUPUT DARI SALAH DAN KHILAF. jadi, tidak semua tindakan bapak presiden itu benar dan sebaliknya tidak semua tindakan bapak presiden itu juga salah. kita harus bisa memandang fair atas kejadian yang ada. ini adalah cara pandang saya (dan seharusnya, anda juga) terhadap kedudukan seorang BAPAK PRESIDEN.

sebaliknya, seorang bapak presiden juga harus bisa menempatkan diri dalam posisi yang baik dan benar sesuai peraturan yang ada. bapak presiden harus bisa berjiwa besar saat berbuat salah dan mau mengakui kesalahan tersebut untuk diperbaiki demi hidup dan kehidupan yang lebih baik.

sebuah contoh telah ditunjukan oleh Abu Bakar r.a. saat diangkat sebagai Khalifah, beliau r.a. berpidato: “Hai saudara-saudara! Kalian telah membaiat saya sebagai khalifah (kepala negara). Sesungguhnya saya tidaklah lebih baik dari kalian. Oleh karenanya, apabila saya berbuat baik, maka tolonglah dan bantulah saya dalam kebaikan itu; tetapi apabila saya berbuat kesalahan, maka tegurlah saya. Taatlah kalian kepada saya selama saya taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kalian mentaati saya, apabila saya berbuat maksiat terhadap Allah dan Rasul-Nya.” (lihat Abdul Aziz Al Badri, Al Islam bainal Ulama wal Hukkam).

Pidato khalifah Abu Bakar r.a. di atas menunjukkan bahwa beliau sebagai khalifah tidak pernah menganggap dirinya sebagai orang yang suci yang harus diagung-agungkan. Tak ada dalam kamus beliau: The chaliphate can do no wrong!

(http://www.suara-islam.com/news/gerakan-islam/dakwah/teladan/180-kepemimpinan-khalifah-abu-bakar-as-shiddiq-)

pertanyaannya:
apakah seorang bapak presiden mau bersikap seperti khalifah Abu Bakar r.a?

sehingga petunjuk yang selalu dinanti oleh bawahannya adalah petunjuk yang baik dan benar demi kebaikan bangsa ini dan bukan petunjuk yang ‘semau gue’ untuk membenarkan sebuah kesalahan

ahh …

Dipublikasi di GADO-GADO | Tag , , , | 2 Komentar